Kamis, 21 April 2011

Selamat Hari Bumi

22 April, bumi melangsungkan harinya secara Internasional. Pencanang hari bumi ini adalah Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970. Ia adalah seorang pengajar lingkungan hidup. PBB sendiri merayakan hari bumi pada 20 Maret, yang dicanangkan oleh aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969.

Banyak kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan cinta kita pada bumi, tempat kita berpijak. Apa saja ya…. :



1. Peluncuran mobil ramah lingkungan, Nisan LEAF.
 
Penghargaan ini diberikan oleh World Car of the Year (WCTOY) 2011 yang dilangsungkan di New York bertepatan dengan pagelaran New York Auto Show.



2. Mengatasi Vampir Listrik
 
“Vampire energy” atau ”phantom load” adalah mengalirnya energi listrik pada peralatan elektronik dalam keadaan “off” atau “stand by”. Seperti peralatan listrik yang dimatikan dengan menggunakan remote control.


Solusinya, 
Pertama dengan mencabut kabel listrik ketika perangkat elektronik tidak dipakai.
Kedua, gunakan Surge Protector dengan Master-Control outlet.

Surge Protector merupakan alat yang dirancang untuk melindungi perangkat elektronik dari perubahan aliran voltase yang dapat merusak perangkat seperti surge, spike, dan bahkan halilintar. Caranya colokkan perangkat elektronik utama (seperti komputer dan televisi) ke Master outlet sedangkan, perangkat pelengkap (seperti monitor komputer, printer, scanner, perangkat tata suara dan lainnya) ke Control outlet.

Master outlet dapat mendeteksi apakah perangkat elektronik sedang dimatikan atau dalam kondisi sleep mode. Selanjutnya, secara otomatis Control outlet yang terpasang perangkat pelengkap akan mematikan aliran listrik. Dengan begitu, perangkat elektronik pelengkap tidak akan menyedot tenaga listrik lagi ketika dalam stand by mode – dan juga tidak akan menggerogoti tagihan listrik setiap bulannya.

3. Berbagai aksi cinta bumi, seperti penanaman bibit pohon, seminar ekologi, lomba-lomba serta bersih sungai.

 Dan mungkin masih banyak lagi aktivitas positif yang dilakukan..

 
Kawan, saya menilik web site kompasina yang ditulis oleh Akbar Zainudin. Disana beliau memberikan beberapa langkah kongrit yang bisa kita lakukan, seperti :
1. Tanam Pohon, minimal satu saja.
2. Hemat Energi
3. Jangan Lagi Menggunakan Tas Plastik
4. Ubah Sampah Menjadi Pupuk Organik



 Wow, ternyata bumi bersuka cita lho…..

Apa buktinya ?

 Hujan meteor Lyrid. Walaupun ini fenomena alam, aku lebih senang menyebutnya ucapan terima kasih dari bumi. 


 Mengapa ? 

Karena Hujan meteor ini terjadi sejak 15 hingga 28 April dan puncaknya tanggal 22 April saat Hari Bumi. Ini data dari Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Jamaluddin, dalam perbincangannya dengan detikcom, Kamis (21/4/2011).

Nah, bila ingin menyaksikannya, selepas tengah malam, mendongaklah ke arah timur laut dan utara. Lihatlah ke rasi bintang Lyra yang merupakan segitiga musim panas. Rasi ini cukup mudah dikenali karena ada bintang terang bernama Vega.

Kawan, menjaga bumi bukan hanya baik untuk kita penghuninya tetapi juga seruan dari sang pemberi hidup, seperti tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 11, yang artinya :

“ Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi”

Salut untuk semua yang telah berbuat baik bagi bumi tercinta, saran saya JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN. Bumi memberikan kesuburannya untuk kita bisa memakan berjuta-juta butir nasi, kenapa kau hadihkan sampah kepadanya.


3 komentar:

  1. met hari Kartini juga. Met hari bumi juga

    BalasHapus
  2. Sang cerpenis > terima kasih, met hari kartini juga.....

    BalasHapus
  3. Untuk tambahan informasi terkait postingan di atas bisa juga lihat di link : http://pena.gunadarma.ac.id/hari-ini-hari-bumi-lho/

    BalasHapus