Kamis, 04 Agustus 2011

Ayo Semangat Puasa

Puasa memasuki hari keempat. Hari ini, kami memasuki hari pertama belajar di bulan Ramadhan. Senang rasanya melihat mereka. Di awal pertemuan, saya bertanya “Siapa yang hari ini puasa?” Alhamdulillah sebagian besar dari mereka mengangkat jarinya. Bertambah senang pula saat mengetahui sudah banyak yang berpuasa maghrib. Banyak komentar yang tertangkap telinga, “Lho bu kalau ndak kuat boleh kan puasanya bedhug aja?” ada juga, ini lebih luar biasa lagi karena dilontarkan oleh murid kelas 2. “Wah enak, dia sudah minum, aku lho puasa?”

Alhamdulillah, pembelajaran puasa sejak kecil sangatlah baik karena mengajarkan kepada mereka untuk sabar dan mengatur emosinya. Mereka belajar mengendalikan diri dan kemauan karena harus menahan lapar pada waktu tertentu.
Tidak perlu terlalu memaksa mereka untuk berpuasa seperti kita orang dewasa, setiap anak memiliki kesiapan mental dan fisik yang berbeda. Yang paling penting adalah melatihkan puasa sesuai dengan mental dan fisiknya, dan memberi pengertian tentang arti puasa dan manfaatnya. Tetapi apabila mereka telah siap baik secara mental dan fisik, maka puasa menjad media yang sangat baik bagi perkembangan moral dan emosi anak.


Anak-anakku, selamat menjalankan ibadah puasa, Semoga Allah memberikan kekuatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar